Penilaian Kompetensi Pengetahuan pada Kurikulum 2013


a. Pengertian Penilaian Pengetahuan

Penilaian kompetensi pengetahuan dimaksudkan untuk mengukur ketercapaian aspek kemampuan pada Taksonomi Bloom. Kemampuan yang dimaksud adalah mulai dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis,  sintesis, dan evaluasi/mencipta yang terdapat pada setiap KD.

Penilaian pengetahuan dilakukan tidak semata-mata untuk mengetahui apakah siswa telah mencapai ketuntasan belajar, tetapi penilaian  juga ditujukan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan proses pembelajaran. Untuk itu, pemberian umpan balik kepada siswa dan guru merupakan hal yang sangat penting, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran.

_________________________________

b. Dimensi penilaian Pengetahuan

1) Pengetahuan factual

Pengetahuan factual adalah pengetahuan tentang detail-detail dan elemen-elemen yang spesifik yaitu pengetahuan tentang peristiwa, lokasi,  tanggal, orang, sumber informasi dan lainnya yang berdasar pada fakta. Pengetahuan faktual merupakan pengetahuan yang dimiliki peserta didik untuk diperkenalkan kepada suatu disiplin ilmu atau menyelesaikan masalah apapun kaitannya dengan factual.

2) Pengetahuan konseptual

Pengetahuan yang lebih kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi. Pengetahuan konseptual merupakan kemampuan peserta didik dalam mengklasifikasan berbagai objek.

3) Pengetahuan prosedural

Pengetahuan Prosedural adalah rangkaian langkah yang harus diikuti mencakup tentang keterampilan, alogaritme(urutan langkah-langkah logis pada penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis), teknik, metoda dan teknik khusus dan pengetahuan untuk melakukanprosedur yang tepat. Pengetahuan prosedural  

4) Pengetahuan metakognitif

Penilaian metakognitif mencakup pengetahuan strategis, yaitu strategi belajar dan berfikir untuk memecahkan masalah. Pengetahuan metakognitif merujuk pada pengetahuan umum tentang bagaimana manusia mempelajari sesuatu dan menyerap informasi.

___________________________________

c. Teknik Penilaian Kompetensi Pengetahuan

a. Tes Tertulis

Ter tertulis yang digunakan guru banyak fariasinya yang mana digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi pengetahuan (kognitif) peserta didik, ter tertulis terdiri dari: soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat (pendek), benar-salah, penjodohan, dan uraian.8 

b. Tes Lisan

Tes bentuk lisan adalah tes yang dipergunkan mengukur tingkat pencapaian kompetensi, terutama pengetahuan (kognitif) dimana guru  memberikan pertanyaan langsung kepada peserta didik secara verbal (lisan)dan ditanggapi peserta didik secara langsung dengan menggunakan bahasa verbal (lisan). 

c. Penugasan / Proyek

Instrument penugasan berupa pekerjaan rumah dan proyek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup

The Living Al-Qur’an di Nusantara

Sastra yang Bagus (Muhammad Iqbal)